Teks foto: Rapat persiapan MTQ Kabupaten Bengkalis 2021
  • Minggu,31 Oktober 2021 | 24 Rabiul Awwal 1443 H | Dibaca : 414 Kali

Pertengahan November, Kecamatan Bathin Solapan Tuan Rumah MTQ Kabupaten

Dijadwalkan mulai 15 hingga 25 November 2021, Kecamatan Bathin Solapan ditetapkan sebagai tuan rumah perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-46 tingkat Kabupaten Bengkalis.   
 
“Saat ini kita masih berada pada suasana pandemi Covid-19, maka penyelenggaran MTQ ke-46 di Kecamatan Bathin Solapan, tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang ketat,” ungkap Ketua Umum LPTQ Kabupaten Bengkalis, H Bustami HY, saat ekspose persiapan di kantor Camat Bathin Solapan, Jumat, 29 Oktober 2021.
 
Pada saat pembukaan pada Senin malam 15 November 2021, panitia penyelenggara akan menghadirkan qori jemputan, Ustadz Muhammad Mas’ud Shahat, qori nasional terbaik 1 cabang tilawah desa putra pada Seleksi Quran Nasional ke-24 tahun 2021 di Maluku Utaara juara internasional qiraat dan Naat Vitual Competition di University Of Faisalabad, Pakistan.  
 
Merujuk pada SOP pelaksanaan MTQ pada masa pandemi Covid-19, pembukaan perhelatan MTQ ke-46 tingkat Kabupaten Bengkalis ini, akan dilaksanakan digedung. Kemudian pelaksanaan perlombaan akan digelar tiga tahap. Untuk menghindari kerumuman peserta, setiap cabang yang selesai digelar, selanjutnya peserta akan masing ke kecamatan masing-masing,
 
Pada tahap pertama, dilaksanakan 16-18 November 2021, dengan cabang perlombaan meliputi cabang tilawah golongan qira’at muratal remaja, cabang tilawah golongan qira’at muratal dewasa, cabang hifzil qur’an dan cabang syarhil qur’an.
 
Tahap kedua pada 18-21 November 2021, cabang tilawah golongan qira’at mujawwad remaja, cabang tilawah golongan qira’at mujawwad dewasa, cabang tafsir qur’an, cabang KTIQ.
 
Terakhir, tahap ketiga, 21-24 November 2021, cabang tilawah golongan remaja, cabang tilawah golongan dewasa, cabang fahmil qur’an, cabang khattil qur’an.
 
Tema dari pelaksanaan MTQ ke-46, yakni Meraih Rahmat Al-Quran Menuju Negeri Bermarwah Maju dan Sejahtera. Sedangkan sub tema, Meneguhkan Nilai Al-Quran Untuk Mewujudkan Reformasi, Birokrasi dan Masyarakat Berkarakter, Menuju Kabupaten Bengkalis Berkeadaban dan Berkemajuan Berlandaskan Spirit Al-Quran
 
Maksud dari pelaksanaan MTQ ke-46, sebagai ajang silaturrahim yang efektif dan seleksi peserta terbaik, untuk duta Kabupaten Bengkalis pada penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022. 
 
Sedangkan tujuanmya, untuk memelihara, mengembangkan dan atau meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan Al Qur’an sebagai spirit pembangunan nasional berdasarkan pendekatan agama. Mampu mengaktualisasikan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
 
Hadir pada rapat panitia untuk persiapan penyelenggaraan MTQ ke-46 tingkat Kabupaten Bengkalis adalah Ketua Harian LPTQ Andris Wasono yang juga Asisten I Setda Bengkalis, Kabag Kesra H Hambali, Camat Bathin Solapan Aulia Army, Camat Mandau Riki Rihardi, Camat Bengkalis Ade Suwirman, Sekcam Bantan Risky Afriandi, Ketua LAMR Kecamatan dan sejumlah perwakilan dari masing-masing Kecamatan se- Kabupaten Bengkalis.

Berita Terkait

Tulis Komentar