Tutorial MTQ

PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI E-MTQ
BAGI USER/PENGGUNA KECAMATAN PADA MTQ TINGKAT KABUPATEN BENGKALIS

Aplikasi e-MTQ adalah aplikasi yang dibangun secara khusus untuk memenuhi kebutuhan, mengoptimalkan media IT, dan efektifitas penyelenggaraan dalam pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Bengkalis, dengan adanya aplikasi ini diharapkan pelaksanaan MTQ dapat berjalan secara efektif, transparan dan bersih sebagaimana cita-cita dan komitmen kita bersama.



Panduan e-MTQ ini disusun bagi pengguna/user secara ringkas dalam input dan monitor peserta, official dan pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Bengkalis setiap tahunnya.

Ini adalah halaman utama aplikasi e-mtq, halaman ini bisa diakses semua orang, sehingga setiap orang bisa melihat data calon peserta MTQ, halaman ini merupakan halaman uji publik terhadap calon peserta MTQ.

Secara desain dan fitur e-MTQ Kabupaten Bengkalis berbeda dengan aplikasi e-MTQ lainnya, seperti e-MTQ Nasional, Provinsi Riau, maupun e-MTQ Kabupaten/Kota lainnya.

Kami mencoba untuk memperkaya fitur e-MTQ Kabupaten Bengkalis ini, tentunya dengan harapan aplikasi berbasis web ini akan menjadi panduan pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Bengkalis tiap tahunnya.

Pada halaman ini,  dapat melihat data calon peserta dan grafik peserta berdasarkan utusan dan cabang. Selain itu ada juga fitur lainnya, misal logo, tema, kepanitiaan, rute pawai taaruf, dewan/majelis hakim, lokasi pemondokan, tempat perlombaan, musabaqah center dan jadwal tentatif.

Untuk bisa log in/masuk ke aplikasi, pengguna dapat mengetik username dan password yang telah diberikan oleh Admin.

 

Dashboard adalah menu utama aplikasi e-MTQ, pengguna dapat melihat grafik calon peserta yang sudah didaftarkan serta mengisi pendaftaran peserta, mengisi rekomendasi camat, official, melihat informasi penting, mencetak laporan peserta dan mengatur profil (rubah password dan foto).

 

Admin akan mempublish informasi-informasi terkait pendaftaran dan penyelenggaran MTQ melalui media ini, untuk dapat melihat infomasinya cukup dengan mengklik tombol “Informasi Penting”, jika informasi dilampiri berkas lain, aplikasi akan membuat icon kaca pembesar pada kolom “File Info”.

Menu ini digunakan untuk mengupload surat rekomendasi/mandat dari Camat yang diutus untuk mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis, sebelum menginput data ini, sebaiknya surat rekomendasi/mandat di scan terlebih dahulu dalam format PDF, usahakan file yang terbentuk maksimal 3MB, ini dapat dilakukan dengan menurunkan resolusi scan, colour ataupun tipe scan file.

Menu ini digunakan untuk menginput data Official kecamatan/kafilah, langkah input data official sama dengan input rekomendasi Camat.

Menu ini digunakan untuk input data calon peserta MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis. Sebelum menginput data peserta, pastikan data dan berkas masing-masing peserta sudah lengkap, untuk foto harus dalam format gambar (JPG, JPEG, PNG), sedangkat berkas lainnya yaitu e-KTP/Surat keterangan Disdukcapil/Kartu pelajar,  Kartu Keluarga (KK), Ijazah/Raport, Piagam/Sertifikat terbaru, Surat pernyataan kebenaran dokumen dan Daftar riwayat hidup di scan dalam Format PDF.

Khusus untuk file berformat PDF, semua berkas harus tergabung dalam satu file PDF, jadi apabila file berkasnya terpisah lebih dari satu file, gabungkan terlebih dahulu menjadi satu File PDF, ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi penggabung file PDF, misalnya JPG to PDF Converter (download dan tutorial ada dibawah tutorial ini), PDF Redirect, atau yang lainnya yang banyak tersedia di internet. 

Sesuai namanya, fitur ini digunakan untuk mencabut maqro (ayat yang dibaca) sekaligus nomor undian tampil secara online. Fitur ini hanya dibisa digunakan untuk Cabang Tilawah Al-Qur'an dan Hifdzil Qur'an saja. Khusus, Hifdzil Qur'an fitur ini tidak berlaku untuk Golongan 10, 20 dan 30 juz.


 

 

Pengaturan maqro dan cabut nomor tampil ini, sepenuhnya diatur oleh Admin. Tugas Kafilah Kecamatan hanya cukup menekan tombol start saja, sistem secara otomatis akan mengacak maqro yang dilombakan, sehingga tidak akan ditemukan 1 maqro yang sama dicabut oleh 2 peserta atau lebih. Begitu juga dengan nomor undian tampil, sistem secara otomatis mengacak nomor, nantinya setiap peserta akan mendapatkan nomor tampil yang berbeda, namun tetap berurutan.

JPG to PDF Converter bisa digunakan untuk mengconvert banyak gambar menjadi satu dokumen PDF.

Untuk mendapatkan software JPG to PDF Converter yang berukuran 4 MB ini secara gratis, cukup ikuti panduan berikut ini:

1. Download JPG to PDF Converter dari link berikut ini:


www.lptqkabupatenbengkalis.org/asset/download/jpg2pdf.zip

2. Aktifkan dengan menggunakan lisensi berikut ini:

91W0VC568IBH6DI

Cara install:

1. Download software JPG to PDF converter diatas dan install seperti biasa

2. Masukan lisensi dengan cara buka JPG to PDF yang sudah diinstal klik menu About > Register dan copy paste linsensi tersebut.

Cara gabungkan gambar jadi satu file PDF:

1. Buka software JPG to PDF yang sudah instal, klik icon + Add, buka gambar yang sudah di scan dan ingin digabungkan.

2. Masukan gambar yang sudah di scan satu persatu, seperti akte kelahiran, surat domisili, ijazah, kartu keluarga,  KTP dan sertifikat MTQ yang ingin digabungkan.

3. Pengaturan selanjutnya adalah, document title (filename) isi dengan nama peserta, author, subject dan keyword bisa diabaikan. Pastikan compress quality di 60% (good) agar PDF yang dihasilkan filenya tidak terlalu besar. Lalu klik icon CONVERT TO PDF NOW. Hasilnya bisa dilihat di C:\output (tergantung pengaturan sebelumnya).