Jasa Aplikasi e-MTQ

Jasa Pembuatan Aplikasi e-MTQ

Babam Suryaman (085374441449) / babamz.suryamanz@gmail.com

e-MTQ adalah aplikasi yang dibangun secara khusus untuk memenuhi kebutuhan, mengoptimalkan media IT, dan efektifitas penyelenggaraan dalam pelaksanaan MTQ, dengan adanya aplikasi ini diharapkan pelaksanaan MTQ dapat berjalan secara efektif dan transparan.

Penjelasan secara detail tentang e-MTQ tercantum di dalam Keputusan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Nomor: 394 Tahun 2016 tentang Pedoman Aplikasi e-MTQ. Juga diperkuat dengan Keputusan Musyawarah Nasional LPTQ tahun 2016 di Jakarta. Bahwa pendaftaran peserta harus dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi e-MTQ.

Mengingat pentingnya aplikasi e-MTQ ini, mulai tahun 2017 kami membuat dan mengembangkan sendiri aplikasi e-MTQ dan sudah diterapkan pada pelaksanaan MTQ ke-42 Tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2017 dan alhamdulillah berjalan sukses.

Secara desain dan fitur e-MTQ yang kami kembangkan berbeda dengan aplikasi e-MTQ lainnya, seperti e-MTQ Nasional, Provinsi Riau, maupun e-MTQ Kabupaten/Kota lainnya. Kami mencoba untuk memperkaya fitur e-MTQ ini, tentunya dengan harapan aplikasi berbasis web ini akan menjadi panduan pelaksanaan MTQ tiap tahunnya.
 
Fitur-fitur e-MTQ yang kami tawarkan:
 

Aplikasi e-MTQ (Halaman Publik)

Halaman pencarian 
 
 
Halaman hasil pencarian peserta
 
 
Detil Peserta (Klik nomor atau nama peserta dari hasil pencarian)

 

Aplikasi e-MTQ (Manajemen Client)

Halaman log in client
 
 
Dashboard client
 
 
Informasi Penting
 
Pendaftaran Peserta
 
 
 
Surat Mandat
 
Official Kafilah
 
Perlombaan (Penyisihan, Semi Final dan Final)
 
Perlombaan Kejuaraan (Menampilkan seluruh pemenang)
 
Cetak Laporan (bisa percabang, pergolongan, atau seluruhnya)
 
 

Aplikasi e-MTQ (Manajemen Admin)

Dashboard

Event MTQ (Pengaturan pelaksanaan MTQ tiap tahunnya, tersedia juga fitur publish/unpublish Musabaqah Center)

Pengaturan Client Peserta MTQ (Kabupaten/Kota/Kecamatan)

Cabang (Pengaturan Cabang MTQ)

Pengaturan Golongan MTQ

Pengaturan Jenis yang diperlombakan (Putra, Putri atau Beregu)

Pengaturan Nametag (Cetak badge panitia, peserta, official, dewan/majelis hakim dan piagam pemenang/peserta MTQ)

Pengaturan umur terhitung mulai tanggal, penghitungan ini disesuaikan dengan pelaksanaan MTQ Nasional tiap tahunnya

Pengaturan Nomor Peserta (Fitur ini untuk memudahkan dalam penomoran dilengkapi dengan fungsi print)

Pengaturan Point Juara (Fitur ini digunakan untuk menentukan point juara umum)

Pengaturan Info Penting (Fitur ini digunakan untuk mengirim informasi terbaru kepada client kafilah)

Pengaturan Client (Fitur ini digunakan untuk membuat user client, dilengkapi dengan fungsi lock/kunci, artinya kalau sudah di lock kafilah bisa log in tapi tak bisa menambah, mengedit atau menghapus peserta)

Pengaturan Official (Fitur ini digunakan untuk menampilkan seluruh official yang sudah didaftarkan oleh client, juga sudah dilengkapi dengan fungsi cetak badge berukuran B4)

Pengaturan Surat Mandat (Fitur ini digunakan untuk meng-upload surat mandat)

Verifikasi Berkas Peserta (Fitur digunakan untuk mengecek dan memverifikasi seluruh peserta, hasil akhirnya tim verifikator bisa meluluskan atau mendiskualifikasi peserta apabila tidak memenuhi syarat. Untuk memudahkan status peserta memiliki warna berbeda, baru daftar (biru), peninjauan ulang (abu-abu), bermasalah (kuning), lulus (hijau), dan diskualifikasi (merah)

Pengaturan Daftar Ulang (Fitur ini digunakan ketika daftar ulang peserta, bisa ditampilkan perkafilah, cabang, atau golongan saja. Pada menu ini juga sudah dilengkapi dengan nama verifikator, fungsi search dan sudah dilengkapi fitur cetak nametage ukuran B4)

Pembuatan Nomor Peserta Manual (Fitur ini digunakan untuk memberikan penomoran peserta secara manual. Penomoran juga bisa dilakukan saat verifikasi berkas peserta)

Fitur Peserta (Fitur ini hanya menampilkan daftar seluruh peserta yang lolos dan sudah diverifikasi)

Fitur Perlombaan Penyisihan, Semi Final dan Final. Seluruh peserta yang lolos maka otomatis masuk ke kolom penyisihan, disini kita bisa mengisi nilai perlombaan tiap-tiap peserta dari level penyisihan, semi final maupun final. Hasil lomba tiap levelnya juga akan ditampilkan di fitur Musabaqah Center

Fitur Kejuaraan. Menu ini hanya menampilkan seluruh peserta yang juara saja dari juara 1 s/d 3 ataupun harapan 1 s/d 3

Fitur Juara Umum. Fitur ini fungsinya untuk menghitung point seluruh peserta yang hanya juara 1 s/d 3 saja. Pengaturan pointnya sudah diset terlebih dahulu (lihat pengaturan Point Juara diatas). Aplikasi otomatis menghitung point dan membaginya sesuai dengan utusan masing-masing. Selain bisa di cetak /print langsung, fitur ini juga kami tampilkan di halaman publik.

Fitur Cetak Laporan. Menu ini digunakan untuk mencetak/print berbagai jenis laporan, mulai dari laporan utusan kafilah, mandat, official, sampai laporan peserta. Khusus untuk laporan peserta variabel yang digunakan bisa cetak seluruh peserta, ataupun variabel tertentu saja misal, cetak perutusan, percabang, pergolongan, ataupun kombinasi lainnya.

Rekap Calon Peserta. Fitur ini digunakan untuk menampilkan seluruh peserta yang sudah dafttar di aplikasi, selain ditampilkan sesuai dengan cabang/golongan yang diikuti oleh masing-masing peserta di menu ini kami bagi sesuai jenis kelamin. Selain bisa langsung cetak/print, kami juga sediakan dalam format Microsoft Excel.

Rekap Peserta. Fitur ini digunakan untuk menampilkan seluruh peserta yang sudah dinyatakan lulus saja, selain ditampilkan sesuai dengan cabang/golongan yang diikuti oleh masing-masing peserta di menu ini kami bagi sesuai jenis kelamin. Selain bisa langsung cetak/print, kami juga sediakan dalam format Microsoft Excel.

Piagam Peserta. Fitur ini digunakan untuk mencetak seluruh piagam peserta. Berbeda dengan cetak badge, piagam yang kami seting hanya depannya saja tanpa ada background. Piagam ini ukurannya F4/HVS/Folio, untuk background kami buat terpisah melalui percetakan.

Piagam Pemenang. Sesuai dengan namanya fitur ini untuk mencetak langsung seluruh piagam pemenang, sama seperti cetak piagam peserta. Piagam ini hanya menampilkan depannya saja, ukuran HVS/F4/Folio. Karena piagam pemenang yang menandatangani adalah Gubernur/Bupati/Walikota, kami sediakan dalam dua fitur, bisa cetak pakai tanda tangan yang sudah discan atau tanpa scan tanda tangan (piagam di tanda tangani langsung).

Website e-MTQ

Salah satu kelebihan e-MTQ yang kami tawarkan adalah disematkannya website yang memuat informasi seputar pelaksanaan MTQ, juga ditambahkan fitur menarik lainnya seperti panduan MTQ dan Musabaqah Center.
 
Pengaturan Menu dan Data Statis. Fitur ini digunakan untuk mengatur menu dan menginput data statis, hasilnya ditampilkan halaman publik.
 
 
 
 
Pengumuman. Fitur ini fungsinya untuk membuat pengumuman yang akan ditampilkan di halaman publik
 
 
 
Panitia. Fitur ini meng-input seluruh panitia yang terlibat pada pelaksanaan MTQ, selain foto juga bisa dimasukan Nomor Handphone peserta yang bersangkutan. Fitur ini juga menawarkan cetak badge berukuran B4.
 
 
 
 
 
Fitur Dewan dan Majelis Hakim. Fitur ini tidak jauh beda dengan panitia diatas. Selain bisa menginput data dewan/majelis hakim, kita juga bisa mencetak badge dengan ukuran B4.
 
 
 
 
Countdown/Hitung Mundur. Fitur ini kami buat untuk menampilkan hitung mundur pelaksanaan sebuah ivent.
 
 
 
 
Berita. Fitur ini menampilkan berita-berita seputar pelaksanaan MTQ
 
 
 
 
Galeri Foto. Fitur ini untuk memuat galeri foto, saat upload juga disediakan fungsi multiple upload sehingga mempercepat proses unggah foto.
 
 
 
Video Kegiatan. Fitur ini menampilkan video yang sudah diupload ke Youtube.
 
 
 
Download. Fitur ini untuk mengatur file-file yang akan dishare dalam bentuk unduhan.
 
 
 
Kontak Kami. Fitur ini digunakan sebagai alat untuk komunikasi antara pengunjung dengan admin e-MTQ.
 
 
 
 

UPGRADE 2018:

1. NIK otomatis terkoneksi dengan database Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bengkalis.
 
 
 
2. Galeri Khattil Qur'an, fitur ini kami buat dengan tujuan untuk menampilkan seluruh karya cabang Khattil Qur'an, mulai babak penyisihan dan final. Dilengkapi dengan fitur sort, selain itu fitur ini juga terkoneksi dengan musabaqah center.
 
 
 
 
 
3. Maqro Online & Cabut Nomor Undian. Sesuai namanya, fitur ini digunakan untuk mencabut maqro (ayat yang dibaca) dan nomor urut tampil secara online. Fitur ini hanya dibisa digunakan untuk Cabang Tilawah Al-Qur'an dan Hifdzil Qur'an saja. Khusus, Hifdzil Qur'an fitur ini tidak berlaku untuk Golongan 10, 20 dan 30 juz..
 
a. Admin
- Data Maqro. Modul ini digunakan untuk meng-upload maqro yang akan dibaca oleh peserta, mulai dari babak penyisihan sampai dengan final. Setiap maqro yang diupload, disediakan fungsi on/off, gunakanya untuk mengaktifkan/non aktif maqro. Apabila on maka kafilah/client bisa mencabut sedangkan off kebalikannya.
 
 
- No. Undian. Modul ini digunakan untuk manajemen pencabutan nomor undian tampil. Logikanya, nomor undian dibagi dua jenis, nomor ganjil untuk putri dan genap untuk putra. Dengan adanya pengaturan ini, nomor undian tampil ini akurat, satu nomor hanya bisa diambil oleh satu orang peserta saja, begitu juga susunannya tidak akan tertukar antara putra maupun putri. Hasil akhir cabut undian ini adalah seperti ini: 1. putri 2. putra 3. putri 4. putra, dan seterusnya sampai batas maksimal peserta berdasarkan cabang/golongan.
 
 
- Identifikasi Maqro. Modul ini digunakan untuk mengaktifkan peserta yang akan mencabut maqro baik di babak penyisihan maupun final. Outputnya apabila peserta diaktifkan, maka otomatis bisa cabut maqro. Dengan adanya fitur ini, tidak ada kejadian peserta yang bukan saatnya mencabut namun bisa mengambil maqro.
 
 
- Monitoring Maqro. Modul ini digunakan untuk menampilkan seluruh maqro dan nomor undian tampil yang sudah di cabut oleh kafilah kecamatan/client.
 
 
- Cetak Monitoring Maqro. Fitur ini digunakan untuk print out/cetak, ada 2 versi pencetakan yaitu simpel (versi ini diberikan/dibacakan pada saat peserta akan tampil lomba) dan full informasi. 
 
 
 
 
b. Client
 
- Pencabutan Maqro dan Nomor Urut Tampil. Tugas Kafilah Kecamatan hanya cukup menekan tombol start saja, sistem secara otomatis akan mengacak maqro yang dilombakan, sehingga tidak akan ditemukan 1 maqro yang sama dicabut oleh 2 peserta atau lebih. Begitu juga dengan nomor undian tampil, sistem secara otomatis mengacak nomor, nantinya setiap peserta akan mendapatkan nomor tampil yang berbeda, namun tetap berurutan. Fitur ini juga menyediakan informasi seperti data maqro, identifikasi peserta, monitoring dan cetak maqro, tetapi sifatnya informasi saja, client tidak bisa mengubahnya.
 
 
 
 
 
 
 
Demikianlah, beberapa fitur aplikasi berbasis web yang kami tawarkan. Tentu saja kedepannya akan kami tambahkan fitur-fitur menarik lainnya, sehingga pelaksanaan MTQ akan lebih baik lagi. Bagi yang berminat, kami membuka jasa pembuatan aplikasi/website e-MTQ, silahkan hubungi Babam Suryaman (085374441449).